Review Kelebihan dan Kekurangan Gojek Paylater

Bisa makan, ngojek, beli pulsa bayar belakangan? Kenapa enggak? Dengan Paylater yang dimiliki Gojek semua itu bisa dinikmati. Review ini semata-mata sebagai acuan bukan sebagai sponsor dari aplikasi Gojek ataupun merendahkan reputasinya. Berikut ideunik merangkum kelebihan dan kekurangan fitur Gojek Paylater.

Gojek bekerja sama dengan pihak ketiga untuk pembiayaan dini penggunaan produk dan jasa miliki Gojek. Findaya selaku pihak ketiga bekerja sama dengan gojek bertujuan agar dapat memberikan keleluasan para pelanggan untuk membeli semua tanpa harus isi saldo Gopay terlebih dulu.

Kelebihan Fitur Paylater Gojek

Berikut adalah kelebihan fitur Paylater yang dimiliki oleh Gojek.

Pembelian Barang / Layanan Bayar Belakang

Paylater secara harfiah artinya Bayar belakang. Fitur ini memungkinkan pengguna Gojek untuk pakai layanan dulu baru bayar tagihan atas apa yang kita pakai. Pembayaran jatuh tempo pada tanggal 1 setiap bulan. Jadi jika kita jajan atau membeli sesuatu pada awal bulan maka akhir bulan baru ada penagihan.

Interface yang Cukup Mudah

Tombol paylater diletakkan di bagian atas agar pengguna dapat mengakses dengan mudah. Sekali pencet maka pengguna akan menuju ke halaman detil Paylater. Di situ kita tahu sisa Saldo paylater dan berapa jumlah tagihannya.

Proses Transaksi juga terbilang cukup mudah. Dihalaman bayar akan ada opsi penggunaan mau Cash, Saldo Gopay ataupun Paylater. Kalau sebelumnya kita menggunakan Paylater maka secara otomatis trasaksi berikutnya secara default menggunakan Paylater sampai kita menggantinya dengan metode pembayaran lain.

Jumlah Tagihan Transparan

Tentunya transparansi ini sangat penting sehingga hitungan pakai pelanggan bisa di lihat di history pemakaian. Dengan history tersebut pelanggan tahu pasti kapan dan di mana dia membeli barang atau layanan. Saya rasa fitur ini sudah pasti ada di semua platform fintek di Indonesia.

Bisa membayar Layanan Lain

Ada beberapa perusahaan yang menerima pembayaran via Gopay. Meskipun perusahaan tersebut di luar manajemen Gojek tetapi masih bisa di bayar dengan fitur Paylater. Pengalaman saja admin ideunik pernah mencoba transaksi barang di luar Gojek ternyata terbayarkan dan barang dikirim.

Fitur Sama Persis dengan Saldo

Meskipun membeli dengan cara utang tetapi Paylater ini memiliki keunggulan sama dengan fitur Saldo Gopay. Kalau biasanya ada potongan ongkir menggunakan saldo begitupun juga dengan Paylater. Perlu diketahui bahwa pembelian dengan Saldo Gopay dan bayar ditempat ada perbedaan harga meskipun terhitung kecil nominalnya.

Baca Juga : Tips Agar Paylater Gojek Disetujui

Kekurangan Fitur Gojek Paylater

Kita semua menyadari bahwa tidak bisa dipungkiri barang buatan manusia pasti ada kekurangan meskipun dari pengembang sudah berusaha semaksimal mungkin agar aplikasinya berjalan sesuai dengan perencanaan. Inilah beberapa kekurangan fitur Gojek Paylater menurut ideunik.

Proses ACC Tergolong Lama

Tidak serta merta orang yang baru saja mendaftar Gojek bisa menikmati fitur ini. Barangkali yang dipilih oleh Gojek adalah orang yang cukup aktif menggunakan layanan-layanannya.

Ada Biaya Layanan Bulanan

Bagi yang sudah ter-ACC Paylater akan dikenakan biaya berlangganan sesuai jumlah limit saldo. Untuk limit saldo di bawah 500 ribu dikenakan biaya balanan sekitar Rp 12.500 dan untuk limit saldo di atas 500 ribu sampai 1 juta dikenakan biaya layanan sebesar Rp 25.000.

Tetapi saya rasa ini sangat wajar karena Gojek tidak membackup sendiri melainkan dia bekerjasama dengan Fintek bernama Findaya. Biaya tersebut tergolong murah sekali karena dengan Paylater kita bisa ngutang berbagai macam layanan dan produk Gojek.

Telat Bayar kena Suspend

Cukup mengerikan memang, jika pelanggan telat bayar dalam beberapa hari pada tempo yang telah ditentukan maka akun yang bersangkutan akan di freeze sementara. Akibatnya pelanggan tidak bisa transaksi apapun sama sekali termasuk transaksi menggunakan saldo gopay yang tersisa.

Mungkin beda orang beda kejadian tetapi ini adalah pengalaman nyata dari teman penulis sendiri. Dia kaget karena saldo Gopay yang tersisa tidak bisa untuk order Go-food. Padahal dia baru saja telat kurang dari 2 hari.

Kesan Menggunakan Layanan Paylater

Fitur yang disediakan perusahaan startup terbesar di Indonesia ini menurut saya cukup bermanfaat. Berbagai macam layanan anti-mainstream tersedia di sini dan enaknya kita dapat menggunakan layanan dan membayar belakangan. Tetapi ada baiknya gunakanlah fitur ini dengan bijak. Bagaimanapun sistem kerja paylater ini adalah berupa pinjaman meskipun tanpa bunga. Pakai saja untuk membeli sesuatu yang memang kita benar-benar butuh.

Bagikan ke Temanmu!

Administrator

Administrator Website IdeUnik.com sekaligus sebagai Moderator juga sebagai Kontributor, kadang-kadang dan sering juga jadi Editor. Capek juga sih jadi Ngadmin. Makanya saya harapkan pembaca IdeUnik.com ada yang sudi menjadi Kontributor dipersilahkan :D.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *