Memperkecil Ukuran CSS Agar Website Loading Cepat

Mengecilkan File CSS

CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheet. File ini berfungsi untuk memperindah dan mengatur tata letak tema website atau blog. CSS yang ringan akan berpengaruh pada kecepatan loading website. Untuk mengatasi hal tersebut maka cara untuk mempercepat web atau blog adalah dengan memperkecil ukuran CSS dari templat yang kita pakai.

Biasanya CSS bawaan tempat memiliki ukuran yang lumayan besar. Berbeda dengan template hasil custom sendiri yang sesukanya bisa kita mampatkan ukurannya. Ada beberapa cara dan metode yang bisa kita pakai agar file CSS menjadi kecil dan loading ringan.

Apa itu File CSS?

CSS merupakan sahabat baik kode script HTML. Tanpa CSS file HTML tidak bisa menampilkan situs yang keren. Meskipun bisa tapi dengan meletakkan kode yang sangat rumit pada tiap-tiap halaman HTML itu sendiri. Dengan CSS pekerjaan admin website tentunya akan semakin mudah.

Sistem kerja File CSS ini menggunakan tag Class dan ID. Tag Class dan ID ini yang nantinya jadi penanda tag mana yang mau diproses oleh CSS. Semua situ yang ada di dunia ini 99.9% menggunakan CSS mulai dari situs besar seperti blog kecil-kecilan seperti IdeUnik.com ini.

Kenapa harus Memperkecil File CSS?

Pertanyaan dari inti artikel ini adalah buat apa kita harus memperkecil CSS? Bukankah dari sisi tampilan sama saja? Yuups, benar. Jika kita lihat dari sisi tampilan antara CSS yang di kompress dan asli memang tidak ada bedanya. Tetapi dalam ilmu website memperkecil file kode CSS termasuk cara optimasi situs.

Dalam ilmu SEO kecepatan loading situs merupakan salah satu aspek optimasi yang cukup penting. Mesin pencari akan lebih senang pada website fast loading ketimbang halaman website yang buka halamannya lama. Semua mesin pencari saya rasa punya prinsip yang sama.

Selain itu aspek user experience atau pengalaman pengguna. Tentu saja orang lebih menyukai halaman blog yang loadingnya tidak lebih dari 3 detik. Jika website kita loading lebih dari 10 detik maka siap-siap saja untuk ditinggalkan pengunjung.

Cara Memperkecil File CSS dari Template

Ada beberapa cara agar File CSS menjadi ringan dan fast loading. Cara yang umum digunakan adalah modifikasi kode menjadi satu baris dan cara lainnya adalah dengan menghapus kode CSS yang tidak diperlukan oleh template. Di sini kita akan bahas keduanya pelan-pelan.

Menjadikan Kode CSS 1 Baris

Untuk menjadikan CSS lebih ringan cara yang pertama dalah dengan menjadikan kode 1 baris. Banyak tool compress CSS online tersedia di internet. Tetapi harpa berhati-hati karena cara tersebut bisa merusak CSS yang kita miliki. Cara aman untuk modifikasi CSS menurut saya adalah melakukannya secara manual lewat notepad++.

Cara ini menurut saya lebih aman karena jika ada kesalahan langkah kita bisa dengan mudah meng-undo kesalahan yang mungkin terjadi. Prinsip kerja metode ini adalah dengan cara replace kode. Berikut ini langkah-langkahnya.

Menghapus Kode yang tidak Dibutuhkan

IdeUnik.com

Administrator di IdeUnik.com. Skill menulis yang biasa-biasa saja dan tidak terlalu istimewa. Bekerja di dunia IT sejak tahun 2007 sampai sekarang. Hobi Mancing (emosi) dan Olahraga Lari (dari kenyataan) :D

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *