Ini Cara Membedakan Flashdisk Asli dan Palsu

Perlu berhati-hati sekarang ini banyak sekali beredar flashdisk paslu di jual bebas di pasaran. Orang awam atau orang IT sekalipun mungkin sangat susah untuk membedakan flashdisk yang asli dan palsu jika tidak cek secara langsung.

Terbukanya pasar bebas memungkinkan pemalsuan flashdisk sulit dihindarkan. Produsen dengan mudah menjual dan mengedarkan barang ini tanpa melewati aturan pemerintah yang ketat. Inilah efek dari globalisasi perdagangan.

Kebanyakan flashdisk paslu ini diproduksi dari cina yang mana mereka menjual dengan harga yang sangat murah dari barang aslinya. Tetapi untuk kualitas produk jelas sangat jauh berbeda.

Tips Sebelum Membeli Flashdisk

Sebelum anda membeli flashdisk ini pastikan anda membelinya dari toko yang sudah terpercaya. Biasanya mereka tahu pasti cara membedakannya. Selain itu pihak toko biasanya mengambil barang ini di vendor resmi jadi resiko palsu sangat minim terjadi.

Jika kita beli dari marketplace seperti tokopedia atau bukalapak pastikan harganya tidak jauh beda dengan harga standar yang original. Biasanya flashdisk KW dijual dengan harga sangat murah bahkan untuk yang 16GB harga ori 50 ribuan sedangkan versi KW bisa sampai 20 ribuan. Ini jelas tidak masuk akal karena dari produsen tidak mungkin bisa menekan biaya produksi sampai segitu murahnya.

Begitu banyaknya flashdisk palsu ini sampai kita kadang bingung melakukan shortir harga di marketplace. Ciri yang bisa kita lihat adalah keterangan produknya tidak ada garansi. Rata-rata penjual akan menjelaskan bahwa barang itu adalah barang KW. Entah itu KW1, KW2 atau KW banyak bagaimanapun itu tetap barang palsu dan bukan original.

Perbedaan Flashdisk Asli VS Palsu

Stiker Hologram Distributor

Flashdisk original biasanya ada stiker Distributornya. Stiker ini sebagai bukti bahawa distributor punya hak untuk mendistribusiokan barang tersebut di pasaran. Jika tidak ada stiker hologram kemungkinan besar flashdisk tersebut adalah Flasdisk palsu

Body Flashdisk

Produsen barang KW pasti menggunakan bahan ala kadarnya. Termasuk membuat body cover. Flashdisk yang asli menggunakan bahan yang berkualias. Biasanya menggunakan plastik ABS yang tahan banting dan tekanan. Sedangkan untuk yang versi palsu menggunakan plastik biasa yang terkesan ringkih dan mudah pecah.

Tulisan Kode Produksi

Biasanya tulisan yang ada di body Flashdisk ori terlihat padat dan melekat kuat. Beda dengan versi KW yang mudah terkelupas bahkan jika di gesek dengan kuku. Tanda lainnya adalah kode barcode produksi dan lokasi produksi. Contohnya, flashdisk Toshiba hayabusha kode barcode dan lokasi produksinya yaitu Made In Japan tertulis jelas dan tidak dikaburkan.

Kapasitas Penyimpanan

Memang gampang-gampang susah membedakan flashdisk asli atau palsu. Terkadang toko yang tidak bertanggung jawab menjual flashdisk KW dengan harga flashdisk ori. Sebenarnya ini sebuah pelanggaran dan bisa masuk ke ranah hukum. Asal kita jeli dan teliti saja agar apa yang kita beli sesui dengan harapan.

Bagikan ke Temanmu!

Administrator

Administrator Website IdeUnik.com sekaligus sebagai Moderator juga sebagai Kontributor, kadang-kadang dan sering juga jadi Editor. Capek juga sih jadi Ngadmin. Makanya saya harapkan pembaca IdeUnik.com ada yang sudi menjadi Kontributor dipersilahkan :D.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *