Ide Bisnis Ala Mahasiswa Unik Anti Mainstream

Kali ini admin akan membahas mengenai bisnis ala mahasiswa yang unik dan anti mainstrem. Teringat saya pas jadi mahasiswa dulu kuliah nyambi kerja memang hal yang cukup sesuatu banget. Banyak pelajaran yang saya petik dari pengalaman saat masih duduk di bangku kuliah. Meskipun akhirnya tujuan malah berubah 180 derajat.

Seumuran mahasiswa memang lagi semangatnya mencari jati diri. Mereka umumnya sudah mulai berfikir berbisnis dan bagaimana caranya agar mendapatkan uang dari bisnis atau dapat gajian dari bekerja sampingan sebagai mahasiswa. Mereka sadar bahwa usia mahasiswa itu sudah bukan seperti anak sekolah lagi. Mindset yang tertanam sudah jauh lebih baik sehingga ada keinginan untuk bekerja sambil kuliah.

Sebagai bahan pertimbangan inspirasi bisnis bagi kamu para mahasiswa yang ingin mandiri bisa memilih salah satu kesibukan sampingan berikut. Tidak perlu muluk-muluk ingin dapat penghasilan puluhan juta rupiah tetapi cukuplah sekedar meringankan beban ortu.

Jasa Pengetikan

Lingkungan kampus pasti erat kaitannya dengan dokumen-dokumen termasuk tugas makul. Nah, ini bisa menjadi peluang bisnis yang bisa dicoba. Bagi kamu yang suka mengetik bisa menawarkan jasa ketik pada teman-teman kuliah.

Rata-rata jasa ketik di rental pengetikan berkisar antara 500 sampai 1000 rupiah. Estimasi saja tugas makalah minim ada 20 lembar berarti kamu bisa mendapatkan profit sekitar 20 ribu untuk satu pelanggan kamu. Itu baru 1 orang kalo banyak? Kan lumayan buat isi bensin atau jajan di warung.

Jasa Service

Jasa service adalah bisnis yang tidak memerlukan banyak modal. Jasa ini hanya membutuhkan skill dan kemampuan diri untuk menagani kerusakan.

Service Handphone

Gaya hidup mahasiswa berbeda dengan pelajar SMA atau di bawahnya. Bisa dipastikan saat ini mahasiswa mempunyai Gadget kesayangan. Tidak jarang yang namanya elektronik akan mengalami kerusakan. Di sinilah peluang untuk menambah pundi rupiah bagi mahasiswa.

Service Handphone saat tidak membutuhkan peralatan yang mahal. Tidak ada Box Flasher, PSU atau apalah namanya itu. Jenis kerusakan rata-rata bootloop, ganti LCD. Kalo hanya sekedar bootloop pasti sudah banyak tutorial di internet yang membahasnya. Tinggal lihat tutornya di youtube atau baca-baca caranya di blog tutorial.

Kerusakan hardaware seperti Touchscreen, LCD juga cukup mudah dipraktekkan. Harganya juga tidak mahal dengan kisaran 30ribu sampai 50 ribuan. Sedangkan biaya servis bisa 100 ribu sampai 200 ribuan. Modal 30 ribu bisa untung 70ribu, modal 50 bisa untung 150 ribu. Lumayan bukan?

Service Laptop

Selain handphone mahasiwa juga rata-rata mempunyai komputer jinjing atau laptop. Sebagai pelajar tingkat tinggi laptop ini amat dibutuhkan agar proses belajarnya menjadi semakin efektif dan efisien.

Juga tidak menutup kemungkinan laptop juga bisa saja mengalami masalah. Peluang ini bisa kamu tangkap sebagai sumber penghasilan jika kamu jeli. Tidak harus sesuai dengan jurusan teknik komputer tapi peluang ini bisa dipraktekkan mahasiswa jurusan apa saja. Intinya perbaikan laptop agak membutuhkan skill dan kehati-hatian.

Bekerja Freelance

Selain bisnis dengan modal ataupun tanpa modal para mahasiswa juga bisa mencoba bisnis sebagai seorang freelancer. Freelancer adalah tenaga paruh waktu yang bisa dikerjakan di mana saja. Tidak perlu absen kantor. Pekerjaan ini lebih mengutamakan skill daripada formalitas kantor.

Banyak marketplace freelance online yang bisa kamu coba. Dari market nasional sampai market freelance internasional seperti fiver.com dan lain-lain. Cari saja situs freelancer di Google dan lihat kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Bila kamu merasa mahasiswa yang punya skill bisa mencoba ikut bekerja freelance. Berikut ini beberapa jasa Freelance yang bisa kamu coba tentunya sesuaikan dengan skill, bakat dan minat kamu.

Desainer Grafis

Bikin logo sekarang lumayan mahal harganya. Di pasaran pembuatan logo bisa ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Tak hanya melulu di situ saja, desain grafis mempunyai banyak sekali cabang-cabang sesuai dengan keinginan. Meliputi Desain Vektor, Logo, Desain Banner, Desain, Kartu Nama dan lain-lain. Masing-masing punya kelebihan masing-masing dan pilihan ada di masing-masing.

Programming

Mahasiswa jurusan pemrograman pasti sudah tidak asing lagi dengan programming. Bayaran kerja programing ini juga cukup mahal. Untuk sekelas mahasiswa dengan penghasilan 10-20 dollar per hari itu sudah sangat istimewa.

Bagikan ke Temanmu!

Administrator

Administrator Website IdeUnik.com sekaligus sebagai Moderator juga sebagai Kontributor, kadang-kadang dan sering juga jadi Editor. Capek juga sih jadi Ngadmin. Makanya saya harapkan pembaca IdeUnik.com ada yang sudi menjadi Kontributor dipersilahkan :D.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *