Cara Mengetahui Kecepatan Flashdisk Tanpa Software

Mengetahui kecepatan Flashdisk sebenarnya cukup simpel. Tanpa harus menggunakan software cek kecepatan transfer kita juga bisa tahu berapa kecepatan flashdisk yang sebenarnya. Faktor speed ini penting karena kita tidak bisa terhindar dari aktifitas copy paste data di komputer atau laptop.

Sistem operasi windows terbaru sudah bisa menampilkan kecepatan transfer data secara real. Interfacenya cukup mudah difahami karena real menggunakan satuan yang mudah di baca manusia. Berbeda dengan versi windows terdahulu yang hanya menampilkan speed transfer tanpa grafis.

Baca : Cara Membedakan Flashdisk Asli atau Palsu

Menguji Kecepatan Real Flashdisk

Menguji kecepatan flashdisk tanpa menggunakan software terbilang cukup mudah. Untuk mengujinya kita bisa lakukan dengan meng-copy file di atas 1GB dan pastekan di Flashdisk sobat. Di interface transfer windows 10 akan terlihat berapa kecepatan tulisnya. Setelah selesai kita bisa mengkopi file tersebut dari flashdisk ke komputer. Maka akan terlihat kecepatan bacanya.

Kecepatan Flashdisk yang Bagus

Rata-rata semua merk flashdisk mempunyai kecepatan yang relatif sama yaitu antara 5-10MBps. Kecepatan flashdisk yang bagus adalah rentang speed yang tidak berubah-ubah. Jika kita menginginkan transfer rate yang tinggi mending gunakan hardisk eksternal. Speed transfernya jauh lebih tinggi di atas flashdisk yaitu kisaran 20-40 MBps. Speed hardisk eksternal tidak bisa dicapai oleh flasdisk. Dengan catatan keduanya harus melewati interface USB 2.0.

Kapasitas flasdisk yang bagus adalah yang real capasity. Biasanya kapasitas penyimpanannya berkurang karena digunakan untuk alokasi table file system. Untuk kapasitas flashdisk 8 GB biasanya sekitar 7.8GB karena sudah dikurangi dengan kapasitas untuk alokasi table MFT system.

Baca : Cara Mempercepat Copy File ke USB

Pilih Flashdisk 2.0 atau 3.0?

Pilihan ini tentunya tergantung budget dan kebutuhan. Jika memang perlu transfer lebih cepat maka gunakanlah flashdisk 3.0. Namun kekurangan flashdisk 3.0 ini hanya optimal jika komputer atau laptop tersedia interface USB 3.0. Menggunakan flashdisk 3.0 juga tidak seenak yang 2.0 karena harganya yang relatif masih mahal dan rata-rata device komputer masih menggunakan teknologi 2.0.

Bagikan ke Temanmu!

Administrator

Administrator Website IdeUnik.com sekaligus sebagai Moderator juga sebagai Kontributor, kadang-kadang dan sering juga jadi Editor. Capek juga sih jadi Ngadmin. Makanya saya harapkan pembaca IdeUnik.com ada yang sudi menjadi Kontributor dipersilahkan :D.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *