Cara Menambah Meta Description Otomatis Yoast SEO

Yoast SEO Wordpress

Meta description di halaman blog atau website memegang peran penting dalam dunia SEO on Page. Di dalamnya berisi penjelasan ringkas mengenai sebuah artikel yang akan dibaca oleh mesin pencari. Kita bisa menambahkan meta description manual bahkan secara otomatis tanpa harus mengisikan secara manual di kolom meta text box Yoast SEO Plugin.

Nah, di sini kita akan membahas cara optimasi SEO WordPress dengan menambahkan meta description secara otomatis dengan plugin Yoast. kita akan menggunakan 2 cara yang berbeda yaitu cara menambah meta ini pada posting blog dan juga metode pada posting produk.

Mengapa Harus Pakai Yoast SEO

Yoast SEO adalah satu plugin SEO on page yang cukup lengkap. Banyak sekali fitur yang ada sehingga akan memudahkan penggunanya untuk meningkatkan kualitas artikel. Salah satu fitur unggulan Yoast adalah meta description.

Kelebihan tool meta description Yoast ini kita bisa menambahkan variabel sehingga penulis bisa memasukkan deskripsi secara otomatis tanpa capek-capek menulis satu persatu.

Variable ini tersedia untuk versi gratis tanpa harus membeli fitur Yoast Premium. Cara input variable juga terbilang cukup mudah. Sudah tersedia tool untuk mengisi variabel meskipun tidak semua variable ada di dalamnya.

Bedanya Meta pada Artikel dan Produk

Cara pengisian otomatis meta description pada blog post berbeda dengan meta description pada posting produk. Pada blog posting hanya cukup mengisikan variable title saja sedangkan pada kategori produk lebih maksimal jika kita memasukkan harga, merk, juga kategori produk.

Untuk memasukkan harga, merk dan kategori produk kita membutuhkan plugin catalog produk. Kita bisa menggunakan plugin katalog toko online yang tersedia di repository WordPress. Plugin yang cukup familiar adalah Woocommerce yang sudah didownload dan digunakan oleh banyak orang.

Cara Memasukkan Deskripsi Otomatis

Kita lanjut pada pembahasan kali ini yaitu cara memasukkan meta deskripsi pada wordpress dengan plugin Yoast SEO. Beriku adalah 2 metode yang bisa kita gunakan.

Description Otomatis di Blog Posting

Umumnya pada sebuah artikel pasti terdapat meta title. Meta title ini yang akan kita gunakan sebagai variable untuk menambahkan description meta.

Untuk langkah-langkahnya yang pasti kita harus berada di dashboard WordPress kemudian pilih menu SEO » Tampilan Pencarian » Jenis Konten. Setting kolom description pada isian kotak Meta Description seperti di bawah ini.

menambah meta description otomatis yoast seo di wordpress
menambah meta description otomatis yoast di wordpress

Tekan simpan perubahan dan selanjutnya jika kita menulis artikel maka meta description akan tampil seperti setting yang kita input.

Description Otomatis di Katalog Produk

Berbeda dengan metode otomatisasi pada Blog Posting kali ini kita akan mencoba menginput meta description pada katalog produk. Di sini kita akan memasukkan meta value yang ada di Custom Post. Custom post biasanya dibuat oleh plugin WordPress tertentu seperti WooCommerce, Product Catalog, Goods Catalog dan lain-lain.

Di sini saya akan mencontohkan menggunakan Goods Catalog karena kebetulan saya menggunakan Goods Catalog di salah satu Website jualan saya. Pilihan penggunaan plugin sebenarnya terserah dan yang pasti semua plugin katalog produk bisa kita otomatisasi.

Caranya hampir sama dengan langkah sebelumnya yaitu masuk di menu SEO » Tampilan Pencarian » Jenis Konten. Di situ ada tambahan jenis post bawaan plugin yang letaknya paling bawah di atas tombol Save / Simpan.

Contoh di sini saya memasukkan meta value harga, kategori produk dan merk produk. Caranya sama hanya saja kita menggunakan tag tanda persen double %% yang isinya meta value dari database MySQL.

Contoh :

Memanggil custom meta field harga produk dari database %%gc_price%% dan %%ct_goods_category%% untuk nge-pull category produk dan yang terakhir masukkan %%gc_brand%% untuk memanggil custom meta field merk produk. Untuk kata-pendukung terserah kita. Usahakan untuk tidak memisah dengan titik agar tidak terjadi duplikat. Contohnya seperti di bawah ini.

Contoh di atas saya menggunakan plugin Goods Catalog. Untuk WooCommerce anda bisa memanggil custom field dengan menggunakan tag %%wc_price%%. Untuk memastikan anda bisa cek di databse MySQL bagian Custom Post. Langkah mencarinya akan saya posting di artikel berikutnya.

Kesimpulan

Cara menginput meta description seperti langkah di atas merupakan cara instan jika anda termasuk orang yang agak malah menulis. Tetapi alangkah baiknya kita tetap memasukkan meta description secara manual untuk menghindari duplikat description.

Pengunaan Plugin Catalog bisa menggunakan apa saja karena rata-rata pluginnya mendukung meta value seperti harga produk, sku, deskripsi produk, kategori produk dan lain-lain. Saya sarankan menggunakan WooCommerce karena plugin ini sudah dilengkapi berbagai fitur untuk menampilkan produk di halam WP anda.

Arfan Zahir R.

Administrator di IdeUnik.com. Skill menulis yang biasa-biasa saja dan tidak terlalu istimewa. Berkecimpung di dunia IT sejak tahun 2010 sampai sekarang. Hobi Mancing (emosi) dan Olahraga Lari (dari kenyataan) :D

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *