5 Cara Memperkuat Sinyal Wifi Indihome Biar Kenceng

5 Cara Memperkuat Sinyal Wifi Indihome TelkomIdeUnik.com | Indihome saat ini menawarkan kecepatan yang jauh lebih ciamik daripada Speedy. Speednya bisa mencapai 100 Mbps tergantung permintaan pakat dari pelanggan. Setiap pelanggan Indihome pasti memiliki modem wifi yang di-include dalam paket berlangganan. Modem Indihome menyertakan Access Point di dalamnya. Jadi kita tidak perlu membeli perangkat AP Wifi tambahan untuk dapat membagikan internet ke seluruh perangkat wifi kita.

Namun karena keterbatasan perangkat wifi bawaan ini menyebabkan perangkat Modem tidak mampu menjangkau seluruh sudut dalam rumah kita. Untuk menyiasati hal tersebut maka kita harus melakukan beberapa cara agar modem dapat membagikan sinyal wifi ke seluruh ruangan atau kamar dalam rumah kita.

Trik untuk memperkuat sinyal wifi Indihome ini bisa dilakukan siapa saja. Tetapi harap berhati-hati untuk tips yang terakhir pada tutorial ini agak ekstrim karena kita harus membongkar bagian dalam perangkat. Lebih diutamakan untuk anda yang pernah atau sedikit memahami tentang komponen elektronika. Berikut 5 cara yang bisa kamu coba di rumah.

Setting Router Wifi Indihome

Cara yang pertama adalah kita setting Sinyal Wifi via admin di Modem Indihome. Berbeda dengan Modem Speedy, setiap modem memiliki username dan password unik yang rata-rata hanya diketahui oleh teknisi Telkom. Ini dimaksudkan agar modem lebih aman dari hacking orang jahil. Silahkan tanyakan username dan password admin pada teknisi Indihome anda. Berikut ini setting Modem indihome agar sinyal wifi lebih kuat sampai 5 bar.

Baca : Cara Login Admin Modem Telkom Indihome

Setting Power Output

Setting default pada router wifi biasanya diset pada power output standar. Ini agar sinyal wifi tidak terlalu jauh kemana-mana. Tetapi jika kita butuh sinyal yang lebih jauh maka setting power output harus kita tinggikan.

Untuk meninggikan power output wifi Indihome carilah region Asia. Karena biasanya region Asia ini di-set lebih besar daripada region Eropa. Setting ini umum karena memang regulasi radio frekuensi di Eropa lebih ketat ketimbang aturan di Asia. Bila disediakan slider atau pilihan power output silahkan tingkatkan power ke posisi Maksimal.

Setting Frekuensi Wifi

Semakin banyaknya perangkat wifi menyebabkan alokasi frekuensi sinyal semakin menurun. Sinyal-sinyal wifi ini terkadang menjadi saling bertabrakan atau istilahnya interferensi. Efeknya menyebabkan gangguan transmisi wifi yang akhirnya membuat sinyal wifi tidak stabil.

Agar tidak ada interferensi triknya carilah frekuensi wifi yang tidak dipakai orang lain. Untuk melihat frekuensi yang dipakai orang lain kita bisa cek menggunakan aplikasi android seperti Wifi Analyzer atau tool-tool analisis sinyal wifi yang lain. Setelah anda menentukan frekuensi yang kosong silahkan setting di Modem Indihome kamu.

Cari Posisi Terbaik

Posisi Router ini menentukan jangkauan sinyal Wifi di rumah kita. Posisi yang bagus akan memaksimalkan daya jangkau sinyal. Posisi penempatan router ini usahakan ada di tengah-tengah bagian rumah. Misalnya, jika ruang keluarga tepat di tengah maka tempatkanlah Router di situ. Usahakan untuk memposisikan perangkat lebih tinggi yaitu di bawah plafon. Bahkan jika memungkinkan letakkan router di bawah genteng di atas plafon.

Dengan posisi itu sinyal wifi akan meng-cover seluruh bagian rumah termasuk area dapur dan kamar mandi. Letak ini lebih maksimal ketimbang posisi router di ruang tamu.

Tambahkan Repeater Wifi

Jika dengan cara di atas tetap saja tidak dapat memancarkan sinyal sampai pada titik yang diinginkan maka kita harus menambahkan perangkat repeater. Reapeater wifi ini bekerja menangkap dan menyebarkan ulang sinyal wifi yang mulai melemah.

Wifi Range Extender

Repeater atau Wifi Extender ini banyak di jual di pasaran dengan harga cukup murah yaitu kisaran 100-200 ribuan. Extender wifi ini bisa diletakkan dimana saja asal dia masih bisa menangkap sinyal 1-2 bar. Letakkan di dekat tempat yang anda inginkan misalnya taman belakang rumah atau tempat terjauh yang sekiranya HP Android anda sudah tidak bisa menangkap sinyal sama sekali.

Selain membeli Wifi Extender, kita juga bisa mengakalinya dengan memakai Router bekas telkom yang sudah tidak dipakai lagi. Biasanya router lama ada fitur untuk menyebar ulang sinyal wifi. banyak kok yang punya router bekas ini. Kamu bisa tanyakan ke teman-teman jika ada. Paling kita cuma disuruh untuk menggantinya dengan sebungkus rokok. Atau bahkan dikasih gratis karena memang sebenarnya dia dapat dari telkom juga gratis.

Baca : Membuat Router atau Wifi Ekstender dari Modem Bekas Speedy

Modifikasi Antenna Router

Modifikasi antenna Router Modem adalah cara yang cukup ampuh menurut IdeUnik.com. Ada dua cara modifikasi antenna router modem bawaan ini. Yang pertama dengan menggantinya ke dbi yang lebih tinggi dan cara kedua adalah bongkar komponen dalam dalam. Memang cara ini agak sedikit ekstrim daripada setting atau cara-cara yang tersebut di atas. Tetapi menurut pengalaman penulis cara ini jauh lebih menghasilkan sinyal yang lebih baik secara signifikan.

Ganti Antenna dengan Gain Tinggi

Gain antenna bawaan modem Indihome hanya berkisar antara 2-3dbi. Agar sinyal yang dikeluarkan Router Indihome lebih luas maka solusinya kita harus membeli antenna dengan gain yang lebih tinggi. Kita bisa menggantinya dengan antenna gain 5-8 dbi. Antenna ini banyak dijual di pasaran dengan rentang harga 50-80 ribuan. Tentu saja dengan pengeluaran segitu lebih baik daripada terus-terusan mengalami lost sinyal wifi.

Bongkar Antenna Bawaan Modem

Cara ini jika antenna modem bawaan tidak bisa dicopot. Mau gak mau kita harus menggunakan cara yang sedikit galak. Yaitu dengan membongkar mesin dalam. Ingat, membongkar perangkat dari Telkom amat tidak direkomendasikan karena bisa menyebabkan perangkat mati total. Saya anggap anda sudah faham dengan resiko ini. Ok. Lanjutkan.

Sebelum lanjut siapkan Item-item berikut.

  • Obeng Plus ukuran kecil
  • Solder dan Timah
  • Kabel antena Wifi Laptop (Cari dari bekas Laptop rusak atau minta tukang servis laptop)

Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Matikan dan cabut router dari Jack DC adaptor. Copot juga konektor FO (Fiber Optik).
  2. Buka semua baut di unit Router dan bongkar secara hati-hati. Usahakan jangan sampai ada yang patah.
  3. Setelah terbuka panaskan solder. Copot kabel bawaan modem dengan solder secara hati-hati. Perhatikan bagian min dan plus antenna.

Itulah beragam cara memperkuat sinyal wifi Indihome. Semoga artikel bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan silahkan tulis komentar di bawah ya?

Bagikan ke Temanmu!

Administrator

Administrator Website IdeUnik.com sekaligus sebagai Moderator juga sebagai Kontributor, kadang-kadang dan sering juga jadi Editor. Capek juga sih jadi Ngadmin. Makanya saya harapkan pembaca IdeUnik.com ada yang sudi menjadi Kontributor dipersilahkan :D.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *